Senin, 12 Oktober 2009

Streaming dengan menggunakan aplikasi VLC

TV Server Streaming dengan menggunakan aplikasi VLC

Perkembangan teknologi informasi terutama dibidang multi media telah melahirkan berbagai aplikasi layanan audio maupun video yang berbasis jaringan seperti media streaming, videophone, video conference dan lain sebaginya. Sebuah saluran televise dengan format analog ditangkap oleh kartu tv tuner diubah menjadi format digital dan dijadikan sebagai sumber media yang dapat dialirkan ke dalam jaringan komputer.
Sebuah berkas audio atau video yang terletak pada komputer server. untuk dapat menjalankannya berkas tersebut harus ditransfer dari komputer server ke komputer client dimana pengguna berada. terdapat dua metode yang dapat digunakan untuk melakukan proses transfer berkas dari server ke client. Metode pertama denga mengunduh keseluruhan berkas yang diinginkan tersebut ke client, metode ini memerlukan media penyimpanan yang besar dan waktu yang dibutuhkan juga cukup lama apalagi bila berkasnya berukuran besar. Metode kedua dengan melakukan streaming, sebelum server melakukan pengiriman terlebih dahulu berkas tersebut dimampatkan dan disandikan, kemudian dibagi menjadi beberapa paket. Paket demi paket ditransmisikan secara berurutan ke client dan disimpan sementara didalam buffer. Paket dalam buffer tersebut kemudian diurai satu persatudan langsung dimainkan tanpa menunggu kesalahan paket diterima oleh client. selama proses memainkan client masih tetap menerima paket yang dikirim oleh server.
Tujuan ini adalah membangun sebuah layanan streaming media berupa streaming saluran televisi yang diaplikasikan pada jaringan komputer lokal (LAN).
Streaming adalah sebuah teknologi untuk memainkan fileaudio atau video secara langsung pada komputer client sesaat setelah ada permintaan dari user audio yang menghabiskan waktu cukup lama dapat dihindari.
Pada dasarnya smua jenis berkas baik berkas audio , video, gambar, teks, data 3D, Perangkat lunak, dan sebagainya. Tapi streaming sejatinya lebih mengacu kepada time-band media, khususnya audio dan video baik secara langsung (real-time) maupun rekaman (pre-encoded). Salah satu aplikasi yang sangat akrab dengan teknologi streaming adalah aplikasi Internet broadcasting, yaitu penyiaran audio maupun video yang berbasis IP (Internet Protokol).Ada dua jenis layanan yang dapat disuguhkan oleh internet broadcasting ini, yaitu on demand dan live.
Secara teknis, Internet broadcasting yang menggunakan teknologi streaming sebagai sistem transmisi terdiri atas dua jenis, yaitu unicasting dan multicasting.
Unicasting
Transmisi Informasi dilakukan dari satu pengirim ke satu penerima atau bersifat point to point. Akan tetapi hal ini membutuhkan banyak bandwidth dalam jaringan. Server harus membangkitkan data yang sama untuk setiap penerima.
Multicasting
Multicasting adalah pengiriman data dari satu titik kebanyak titik atau bersifat point to multipoint. Denga multicasting, berkas media yang tengah dibuat langsung dibawa ke streaming server dan hasilnya langsung dialirkan saat itu juga ke satu titik tertentu disebarkan. Proses penyampaian berkas media dari proses pembuatan hingga komputer pengguna tersebut hanya terjadi sekalisaja, yaitu saat berkas media tersebut dibuat untuk pertama kalinya.
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media trasmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data inormasi, program-program penggunaan bersama perangkat keras. seperti printer, media penyimpanan, media optic, dan sebagainya.
Beberapa perangkat lunak streaming server yang saat itu sedang dikembangkan oleh beberapa pengembang diantaranya adalah Apple-Quick Time Streaming Server (QTSS), Darwin Streaming Server (DSS), Icecast Streaming Server, Shoutcast, Real Server, Video LAN, dan masih banyak lagi dan bersifat bebas maupun tidak bebas atau gratis maupun bayar.
Video LAN adalah sebuah software aplikasi yang diperuntukan bagi streaming. Video yang dapat menggunakan dua macam software Video LAN :
• Video LAN Server (VLS), dapat digunakan untuk streaming file dalam format MPEG-1 , MPEG-2, dan MPEG-4, DVD, TV chanel.
• Video LAN Client (VLC), Memiliki fungsi yang sama dengan VLS, namun dapat bertindak sebagai server streaming ataupun sebagai client yang menerima video yang disistem dari server.

Berka sstream yang dikirim berupa data audio dan video yang diambil dari perangkat keras berupa kartu tv tuner. Isi dari data audio dan video yang distreaming tersebut alah berupa siaran televisi, dari sumber media berupa kartu tv tuner syng terpasang pada computer server streaming.

Muxer digunakan untuk menggabungkan data audio dan video yang telah di mampatkan, sehingga menjadi satu paket data tunggal. Protokol yang digunakan dapat berupa protocol TCP maupun UDP.

Keuntungan protocol TCP adalah ketika tidak ada satupun client yang meminta layanan streaming, sensor tidak akan mengirimkan data stream. Keuntungan Protokol UDP adalah berapapa client yang terhubung pada server besarnya bandwidth yang digunakan adalah tetap.

Kesimpulan
Dari perencanaan dan pengujian yang telah dilakukan maka dapat tarik kesimpulan:
• Untuk percobaam 3 hasil yang didapat paling optimal untuk digunakan dengan percobaab lainnya. Karena kualitas gambar ataupun audio masih bagus untuk diterima client. dan untuk pemakaiannya bandwidtnya juga tidak terlalu besar untuk percobaan selanjutnya sudah tidak optimal lagi untuk digunakan streaming media karena mengalami penuruna kualitas gambar dan suara terutama pada percobaan terakhir.








DAFTAR PUSTAKA

1. http://www.Informatika .com/feature.html.Juli 2006
2. http://www.videolan.org,oktober 2005

1 komentar: