Senin, 19 Oktober 2009

USB Programmer untuk Mikrokontroller AVR

USB Programmer untuk Mikrokontroller AVR

Hampir tidak memungkinkan memang melakukan upload program ke mikrokontroller AVR menggunakan kabel ISP parallel pada notebook-notebook anyar, karena secara fisik port parallel sudah tidak disediakan lagi pada notebook-notebook keluaran baru. Salah satu solusinya adalah menggunakan usb-parallel converter. Tapi setelah mencari cari di internet akhirnya ketemu juga cara untuk melakukan programming melalui port USB.
USBTiny- merupan sebuah impelemtasi software untuk melakukan decoding sinyal usb low-speed pada mikrokontroller AT Tiny, juga bisa bekerja pada AT Mega. Artinya Komputer bisa berkomunikasi dengan AVR (AT Tiny dan AT Mega Series) melalui port USB, (mantap ya penulisnya J) . Tanpa harus membeli mikrokontroller AVR seri USB yang mahal (mungkin) adalah salah satu kelebihan menurut saya, karena harga AT Tiny yang relative terjangkau kita sudah bisa melakan interfacing PORT usb walaupun dengan low speed.
Salah satu implementasinya adalah pembuatan SPI Converter untuk melakukan upload/download program ke mikrokontroller AVR. Kompilasi program dilakukan dengan WinAVR (yang penulis gunakan adalah versi 20080610).
Rangkaiannya adalah sebagai berikut:
Komponen yang dibutuhkan adalah:
Q1=12MHz , C1=C2= 27pF, R1=10K, R2=R3=68 Ohm,R4=1K5,R5= 1M,R6=220 Ohm,
D1=D2=3V6, IC1= AT Tiny2313
Setelah rangkaian selesai dibuat, download program main.hex yang ada pada source folder ke dalam mikrokontroller.
USBTiny membutuhkan driver agar bisa dikenal oleh windows, driver nya ada di source folder.
Setelah USBTiny dikenali oleh windows, langkah selanjutnya adalah melakukan programming pada target avr lainnya.
Untuk melakukan programming ke target, dapat digunakan avrdude yang terinstal bersama dengan WinAVR, dalam tutorial ini dilakukan dengan menggunakan command line pada console.
Perintah untuk melakukan upload flash adalah:
avrdude –c usbtiny –p m8535 –U flash:w:main.hex
untuk avr type yang lain dapat diganti misalnya (m32,m16,t2313,t45 dll)

Referensi : http://www.ladyada.net

Alif Ghazali
41407010009
Teknik Elektro

1 komentar: